Senin, 15 Juli 2013

Sepenggal Kisah Tiang Bendera

Setiap manisia memiliki haknya setelah dia lahir. Hak Asasi, itu lah yang sering mereka gembor-gemborkan, terutama hak sebagai warga negara yang telah tercantum dalam Undang-Undang, tapi ada satu hal yang sering terlupakan, yaitu "Tanggungjawab". Mereka selalu menuntut semua haknya haknya, hak atas kesehatan, pendidikan, pekerjaan, kehidupan yang layak, dll, tapi apa sebenarnya kewajiban mereka ....???, apa mereka sudah melakukannya ...???
Mungkin saya bakal dibunuh jika menanyakan hal ini dengan yang bersangkutan, padahal perntanyaan ini harusnya tidak perlu mereka dengar dari orang lain melainkan tertulis jelas dibenak mereka jika mereka memang merasa jadi bagian dari negara ini, negara yang sekarang sedang pesakitan karena ingin memenuhi hak rakyatnya tanpa mendapatkan hak yang seharusnya menjadi tanggungjawab semua rakyatnya, Ini tanah air kita, Tumpah darah kita, tapi mengapa rakyatnya tega menumpahkan darah mereka sendiri dan mengotori kesucian negeri ini.

Indonesia butuh sayap untuk terbang, tapi bukan hanya satu sayap, melainkan dua sayap yang bergerak harmoni dan selaras dengan arah mata angin yang akan mengangkat negeri ini semakin tinggi dengan semua karakter bangsa yang telah ditanamkan para leluhur kita. Dua sayap tersebut adalah Hak dan Kewajiban, kedua hal itu telah dimiliki dan melekat disetiap pribadi rakyat indonesia. Bayangkan saja jika semua rakyat negeri ini hanya bisa menuntut hak dan hak mereka, negara ini bukan hanya akan jatuh, tapi juga tenggelam.

Kewajiban sebagai warga negara telah jelas ditulis dalam Undang-Undang, tapi mereka terlalu buta dan tulu intuk melihat dan mendengar apa isi dan makna dari semua itu, mereka hanya tau tentang haknya. Kebutaan rakyat tentang kewajiban dan tanggungjawabnya adalah masalah utama pada fenomena merosotnya rasa nasionalisme yang ada pada pribadi bangsa ini.

Marilah kita menunduk sejenak ....
Sampai kapan kita menjadi warga negara yang menjadi bebani negara ini ...??
Sampai kapan kita menjadi warga negara yang menjadi penghambat negara ini ....??
Kapan negeri ini bisa terbang tinggi menuju kemakmuran seluruh rakyatnya ...??
Hanya kita yang tahu jawaban dari semua pertanyaan itu, dan kita yang dapat menentukan kapan waktu itu tiba. Waktu dimana negara ini menjadi negara yang disegani dengan segala yang dimiliki atau Kehancuran negara ini yang disebabkan oleh rakyatnya yang buta dan tuli tentang makna nasionalisme.

Negara ini telah lama bermimpi, mari kita bersama-sama membangunkan negara ini dari tidurnya. Bukan presiden, bukan menteri, bukan Anggota dewan, tapi kita semua, kita yang bertumpah darah satu, tanah air Indonesia. 
Marilah kita bercermin pada tiang bendera yang selalu tegak berdiri demi berkibarnya Merah Putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar